Cari Blog Ini

Memuat...

Selasa, 10 Juli 2012

pengertian "f" untuk kenari

Istilah F adalah kependekan dari filial, yang berarti peranakan/keturunan. Dalam dunia breeding (bukan cuma kenari) huruf f biasanya diikuti dengan angka untuk pencatatan silsilah keturunan suatu perkawinan silang.
Untuk pencatatan silsilah hasil kawin silang memang tidak harus memakai huruf F,misalmya untuk kuda di Indonesia PORDASI menetapkan memakai huruf G (generasi) dan diikuti dengan angka.
Kawin silang (crossbreed) terbagi menjadi 2 berdasarkan tujuannya :
  1. Kawin silang dengan tujuan menyelamatkan/memperbanyak suatu strain yang langka/sulit didapat. Karena tujuannya menyelamatkan strain yang langka, maka keturunannya harus memiliki sifat & karakter seperti induknya.Misalnya harimau putih (bukan albino) yang ditemukan seekor jantan pada tahun 1930-an,untuk mengembangbiakkannya dipakai   betina harimau benggala, anaknya (F1) dikawinkan dengan bapaknya untuk memperkuat sifat dan karakter harimau putih & disebut F2, kemudian dikawin dengan embahnya untuk  memperoleh F3, kemudian dikawin dengan embah buyutnya untuk  memperoleh F4. Nah sifat & karakter F4 ini dianggap sudah sama dengan sifat & karakter harimau putih sehingga sudah dapat dikawinkan sesama F4 untuk menghasilkan keturunan dengan sifat dan karakter yang relatif sama dengan harimau putih
  2. Kawin silang untuk memperoleh sifat dan karakter seperti yang diinginkan si breeder. Nah karena sifatnya riset maka sebenarnya tidak ada pakemnya F2,F3 dll harus pake apa dan apa, dan tidak harus sampai fix strain. Semuanya terserah si breeder dalam menentukan sifat dan  karakter yang diinginkan, dan dalam mengamati sifat dan karakter hasil silangan sudah sesuai dengan keinginan atau belum. Untuk urusan yang satu ini kita layak belajar dari teman-teman pecinta anggrek, untuk melihat hasil silangan (hybrida) F1 misalnya mereka harus menunggu lama bahkan sampai 2 tahun.
Yang terjadi dalam dunia kenari saat ini terhadap istilah F (filial) adalah penyempitan makna kode silsilah hasil persilangan menjadi trade mark/ spek produk. Sehingga kebanyakan orang lebih tertarik kepada angka yang mengikuti huruf F dari pada kualitas, karakter dan silsilah kenari. Ini bisa kita lihat ketika kita memamerkan burung/photo/video komentar yang paling umum adalah, " F brapa mas ?" Bahkan istilah kenari F1 menjadi identik dengan kenari hasil silangan kenari domestik (lokal) dengan yorkshire Canary.
Bila F1 berarti peranakan pertama atau kalau orang PORDASI menyebutnya Generasi satu, apa artinya Af ? Entahlah yang jelas biasanya kenari Af dihasilkan dari persilangan antara kenari domestik (lokal) dengan F1 atau F2 peranakan Yorkshire Canary. Sesuai kaidah pencatatan silsilah hasil persilangan, bahwa pencatatan silsilah berdasarkan silsilah terjauh dari induk, maka Af ( F1 x domestik) secara teknis disebut F2, bila F2 X F3 secara teknis disebut F4. Mengapa demikian ? Karena sebenarnya yang dicatat adalah action/kerja kita, bahwa ini adalah penyilangan kita yang ke2, ke3 dan seterusnya berdasarkan suatu mapping yang kita susun menurut tujuan dari penyilangan tersebut. Dengan demikian secara teknis F2, F1-1 dan Af adalah sama, secara karakter dan sifat tentulah sangat berbeda, tergantung selera dan kebutuhan kita untuk memilih

sumber : http://id-id.facebook.com/notes/memelihara-kenari-sebagai-hoby-dan-usaha/antara-f2-f1-1-dan-af/148446868526933

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar